Chery TIGGO Family: Ah, Siapa Sih yang Mau SUV Ini? (Oh, Ternyata Satu Juta Orang!)
Portal Kawasan, JAKARTA – Dalam dunia otomotif yang penuh dengan merek-merek besar, siapa sangka ada yang masih tertarik dengan SUV asal China? Tapi, entah kenapa, Chery TIGGO Family justru terus laris manis di pasar global.
Bayangkan saja, empat model mereka—TIGGO 2, TIGGO 7, TIGGO 8, dan kini TIGGO 4—berhasil menembus angka satu juta unit ekspor. Mungkin orang-orang memang suka tantangan?
“Ini adalah pencapaian biasa saja, tidak ada yang spesial. Hanya satu juta unit ekspor saja, kok,” ujar Mohamad Ilham Pratama, Head of Marketing PT Chery Sales Indonesia, dengan senyum yang jelas menyiratkan kebanggaan.
Ya, tentu saja, karena siapa yang tidak ingin menjadi bagian dari fenomena “SUV underrated” yang ternyata diam-diam mendominasi pasar dunia?

SUV ini, yang katanya hanya “mobil biasa,” ternyata sukses mencuri hati pengendara dari Brasil hingga Turki, dari Arab Saudi hingga Afrika Selatan. TIGGO 2 yang “hanya sekadar SUV kecil” berhasil memenuhi kebutuhan kota-kota besar.
TIGGO 7, yang “biasa saja,” justru menyabet peringkat keselamatan bintang lima. Dan TIGGO 8 yang “bukan siapa-siapa,” ternyata laku keras di berbagai negara.
Kini, TIGGO 4 (atau dikenal juga sebagai TIGGO Cross) ikut-ikutan jadi “anak emas.” Dengan desain yang katanya “tidak terlalu istimewa” dan fitur keselamatan yang “sekadarnya” seperti 6 airbag dan 15 fitur ADAS, entah kenapa orang-orang tetap rela membelinya.
Chery, yang “hanya” eksportir kendaraan nomor satu China selama 22 tahun berturut-turut, tampaknya masih akan terus “berjuang” memperluas pasar. Tapi ya sudahlah, siapa juga yang mau membeli mobil mereka? Oh, ternyata… satu juta orang lebih. Aneh, ya? (ARF/ALN)